Kamis, 23 Oktober 2014

Saatnya Berpenampilan Menarik



Wow!
Perasaan saya sangat meluap-luap pada saat ini, jadi saya akan memberikan sedikit banyak hal
tentang penampilan. Mungkin tidak semua. Tapi kalau kamu membacanya sampai habis, kamu akan sedikit tersadar dari tidur panjang yang telah membuaimu selama bertahun-tahun. Indah memang. Tapi, tidur hanyalah tidur. Keindahan semu saja yang kamu dapatkan dari tidurmu tadi. Disini, kamu akan mendapatkan kebahagian yang REAL. Caranya hanya dengan sedikit berpenampilan lebih menarik saja.

Bagaimana caranya? Sebelum itu, saya akan bertanya apakah kamu pernah mendengar dan mengucapkan atau memberi masukan pada teman, saudara,
orangtua, kekasih, atau kamu sendiri tentang frase yang sangat fenomenal ini?

“Don’t judge the book by its cover.”

Frase tersebut muncul pertama kali di African journal American Speech pada tahun 1944. Frase tersebut bisa diartikan bahwa jangan menilai orang hanya dari penampilan saja, karena hati dan perasaan mereka tidak selalu sesuai dengan penampilannya. Memang, hal itu terasa sangat menonjok perut saya keras-keras ketika pertama kali saya baca. Sulit memang bagi manusia untuk tidak menilai seseorang dan menciptakan persepsi tentang seseorang hanya dalam beberapa menit, bahkan detik di awal pertemuannya.
Saya tidak akan membahas panjang lebar teori psikologi yang mungkin akan menghabiskan waktumu. Yang ingin saya bicarakan disini adalah tentang pendekonstruksian pola pikirmu. Terdengar sulit? Sama sekali tidak. Bahkan kamu sanggup melakukannya setelah selesai membaca artikel saya ini.

Singkatnya begini, tidak mungkin kamu memberikan pengertian yang luar biasa banyak dan rumit kepada orang yang baru kamu temui tentang penilaian orang terhadapmu. Kamu akan merasa
sangat lelah ketika harus menjelaskan kepada semua orang bahwa kamu adalah seorang yang kaya raya, terhormat dan memperhatikan diri sendiri ketika kamu datang ke sebuah CafĂ© atau mall hanya berbekal kaos oblong kumal, celana pendek sobek-sobek, rambut antah berantah dan sandal jepit ala kamar mandi saja.

Lalu bagaimana caranya?
Caranya adalah dengan berpenampilan menarik. Cukup sudah. Kamu tidak perlu mengubah pola pikir dan pandangan orang lain ketika sudah berpenampilan menarik. Hal ini terpaut tidak jauh dari fenomena Halo Effect .

Halo Effect adalah sebuah fenomena psikologi dimana orang menilai orang dari penampilan orang tersebut. Ketika bernampilan menarik, seseorang
akan dianggap lebih pintar, baik, ramah, sopan dan beberapa hal positif lainnya dibandingkan orang yang tidak menarik atau berpenampilan menarik.
Lalu, bagaimana cara agar penampilan kamu bisa menjadi lebih menarik? Ikuti artikel selanjutnya.

Diambil dari Elmilagro ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadi, gimana menurutmu?